INTERNASIONAL

Suu Kyi Kritik Dunia Internasional Terkait Reformasi Politik di Burma

Suu Kyi Kritik Dunia Internasional Terkait Reformasi Politik di Burma

KBR - Pemimpin oposisi Burma Aung San Suu Kyi mengkritik dunia internasional dengan menyatakan harus ada langkah lebih lanjut untuk mempercepat reformasi politik di negaranya. Laman BBC melaporkan Suu Kyi bahkan menyebut dunia internasional bersalah lantaran berharap terlalu banyak atas pernyataannya terkait kondisi reformasi politik di Burma yang akan segera terwujud. Menurut Suu Kyi, ketertarikan dunia internasiona kepada Burma tak sekedar diungkapkan bahwa negaranya akan mendapatkan akhir yang membahagiakan. 

Cara yang pas yang bisa dilakukan dunia internasional, menurut Suu Kyi adalah dengan membantu mendorong terjadinya diaog nasional. Suu Kyi pun mengusulkan agar dunia internasional menghindari pemberian sanksi seperti yang pernah dilakukan pada rezim militer Burma hingga 2013 lalu. Bagi Suu Kyi, demokrasi di Burma akan berjalan jika aturan yang melarang dirinya menjadi presiden diubah. Langkah Suu Kyi untuk mencalonkan diri sebagai presiden dijegal oleh konstitusi yang melarangnya lantaran suami Suu Kyi berkewarganegaraan asing. (BBC)

  • suu kyi
  • oposisi
  • burma
  • politik
  • portalkbr

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!