INTERNASIONAL

Sekjend PBB : Nelson Mandela Inspirasi Besar Kemanusiaan

Sekjend PBB : Nelson Mandela Inspirasi Besar Kemanusiaan

KBR68H, - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon menyatakan duka yang sangat dalam atas meninggalnya bekas pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela. Mandela meninggal kemarin waktu setempat diusia 95 tahun.

Kepada reporter di New York, Amerika Serikat, Ban Ki-Moon mengatakan, Nelson Mandela telah menunjukkan kepada dunia bahwa setiap orang bisa percaya, bermimpi dan bekerja sama untuk keadilan dan kemanusiaan.

“Saya sangat sedih dengan kepergian Nelson Mandela. Ia adalah inspirasi besar bagi keadilan dan keramahan manusia. Banyak orang didunia yang terinspirasi oleh perjuangan tanpa lelahnya untuk martabat manusia, kesamaan hak dan kemerdekaan. Ia menyentuh hidup kita dengan cara yang sangat personal. Disaat yang sama tidak ada yang melakukan hal seperti itu untuk menambah nilai dan aspirasi PBB,” ujar Ban Ki-Moon.

Nelson Mandela menghabiskan hampir tiga dekade di penjara karena ia melawan sistem Apartheid, sebuah sistem pemisahan berdasar ras yang berlaku dinegaranya Afrika Selatan. Ia dibebaskan pada 1990 dan empat tahun kemudian dilantik menjadi presiden pertama Afrika Selatan yang dipilih secara demokratis. Di tahun yang sama, ia berpidato di Sidang Umum PBB.

Mandela mengakhiri masa tugasnya sebagai Presiden pada 1999, namun ia terus melanjutkan kerjanya untuk perdamaian dan Hak Asasi Manusia di seluruh dunia. Sejak 2010, dunia memperingati hari ulang tahunnya, 18 Juli sebagai hari Nelson Mandela sedunia. Ini untuk menghormati jerih payahnya untuk kemanusiaan. (UNMultimedia)

Baca:  Nelson Mandela Tutup Usia

Editor: Suryawijayanti 

  • Sekjend PBB
  • Nelson Mandela

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!