INTERNASIONAL

Rusia Bebaskan Aktivis Greenpeace

Rusia Bebaskan Aktivis Greenpeace

KBR68H, Washington - Kelompok pecinta lingkungan hidup Greenpeace mengatakan Rusia telah mencabut dakwaan pidana terhadap sebagian besar aktivis yang ditangkap dalam aksi protes menentang pengeboran minyak di Kutub Utara bulan September lalu. Greenpeace mengatakan diperkirakan ke-30 kasus itu akan ditutup dalam waktu dekat.

Melalui akun twitter resminya, Greenpeace mengatakan kendala terakhir sebelum para aktivis itu bisa kembali ke rumah adalah mendapatkan visa keluar Rusia.  Kelompok itu berharap hal tersebut akan terwujud pada akhir pekan ini.

Pemerintah Rusia telah membebaskan sejumlah besar tahanan yang ramai diberitakan pekan ini – termasuk pengusaha Mikhail Khodorkovsky dan beberapa anggota band punk Pussy Riot yang tadinya dipenjara.

Khodorkovsky mengajukan permohonan visa untuk berkunjung ke Swiss hari Selasa setelah ditahan selama sepuluh tahun.  Istri mantan pengusaha minyak itu dan ketiga anaknya tinggal di Swiss dan ia memiliki hubungan bisnis yang luas disana.

Pembebasan ini merupakan bagian dari amnesti yang dianggap banyak kalangan sebagai upaya Presiden Vladimir Putin untuk memoles citra Rusia sebelum penyelenggaraan Olimpiade Sochi bulan Februari mendatang. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • aktivis greenpeace
  • rusia
  • dibebaskan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!