INTERNASIONAL

Punya Tiga Anak, Sutradara Film Hero Terancam Denda Rp 14 Miliar

"KBR68H "

Doddy Rosadi

Punya Tiga Anak, Sutradara Film Hero Terancam Denda Rp 14 Miliar
cina, satu anak, kebijakan populasi

KBR68H – Sutradara film Cina, Zhang Yimou dan istrinya terancam kena denda hingga $1,2 juta atau sekitar Rp 14 miliar karena melanggar kebijakan pemerintah yaitu mempunyai cukup satu anak. Zhang dan istrinya mengaku telah mempunyai tiga anak sebelum memutuskan menikah pada 2011.

Zhang, 62 tahun, adalah sutradara film Hero dan House of the Flying Daggers. Sebelumnya, Zhang sempat diiusukan mempunyai tujuh orang anak. Awal bulan ini, dia membuat pengakuan tentang jumlah anak yang dimilikinya yaitu dua putra dan satu putri.

Ketika itu, Zhang meminta maaf atas tindakannya itu dan siap bekerja sama denganBadan Perencanaan Keluarga di wilayah timur kota Wuxi. Dia juga siap menerima hukuman apa pun.

“Bagi saya dan kedua orangtua saya, kami ingin punya banyak anak karena secara tradisi banyak anak akan memberikan banyak kebahagiaan. Sebelum meninggal, ayah saya berkata, dia ingin punya anak laki-laki untuk melanjutkan garis keturunan keluarga. Ibu saya juga percaya, dengan punya banyak anak maka akan banyak teman,”kata Zhang.

Belum ada kepastian berapa besar denda yang akan dijatuhkan kepada Zhang. Namun, berdasarkan pemasukan Zhang, kemungkinan besar denda yang harus dibayar bisa mencapai $1,2 juta. Cina mengadopsi kebijakan satu anak dalam satu keluarga sejak 1970. Kebijakan itu diambil untuk meredam laju pertumbuhan penduduk. Belum lama ini, pemerintah Cina mengizinkan pasangan mempunyai dua anak apabila ayah atau ibu adalah anak tunggal. (LATimes/Xinhua)

  • cina
  • satu anak
  • kebijakan populasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!