INTERNASIONAL

Paus Francis: Tuhan Mengampuni Semua Orang Termasuk Atheis

"KBR68H "

Doddy Rosadi

Paus Francis: Tuhan Mengampuni Semua Orang Termasuk Atheis
paus, atheis, diampuni

KBR68H – Paus Franciskus menilai, orang yang tidak mempunyai agama alias atheis harus tetap dilihat sebagai orang yang baik. Pemimpin1,2 miliar umat Katolik itu mengungkapkan, Yesus juga akan memberikan pengampunan kepada kaum atheis.

“Bukan hanya kepada Atheis, tetapi kepada semua orang akan diberi pengampunan. Kita semua punya tugas untuk berbuat baik. Lakukanlah kebaikan, dan kita akan menemukan titik temu,”ujar Paus, beberapa waktu lalu.

Pendapat Paus Francis ini berbeda dengan pendahulunya yaitu Paus Benedict yang selalu menganggap umat selain Katolik adalah golongan kedua. Ini bukan kali pertama Paus Francis memberikan dukungan kepada kelompok atheis.


Dia juga sempat menulis sebuah surat pembaca yang diterbitkan harian liberal La  Repubblica membahas soal ateis. Menurut Paus, dialog terbuka yang bebas dari prasangka antara Katolik dan Ateis sangat diperlukan dan berharga.

Surat berisi 2500  kata itu merupakan  tanggapan atas dua surat terbuka yang diterbitkan sebelumnya oleh Eugenio Scalfari, pendiri La Repubblica yang juga ateis.  Scalfari mempertanyakan apakah Tuhan mengampuni orang-orang yang tidak percaya dan tidak mencari iman.

"Makna dosa bagi mereka yang tidak memiliki iman, adalah ketika melawan hati nurani mereka. Untuk mendengarkan dan taat ( hati nurani ) berarti memutuskan apa yang dianggap sebagai kebaikan dan kejahatan. Dan keputusan ini merupakan dasar untuk menentukan baik atau jahat dari tindakan kita,"tambahnya. (MSN)

  • paus
  • atheis
  • diampuni

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!