INTERNASIONAL

Kini, Warga Kuba Bisa Beli Mobil Impor

Kini, Warga Kuba Bisa Beli Mobil Impor

KBR68H, Washington - Kuba telah mengumumkan akan membuka pasar otomotifnya dengan menghapus ijin pemerintah yang telah membatasi impor mobil selama lebih setengah abad.

Pemerintah Kuba masih menguasai penjualan kendaraan baru dan bekas yang diimpor, tetapi pengumuman hari Kamis memberi warga Kuba hak untuk membelinya dari negara tanpa ijin pemerintah.

Pada masa lampau, warga Kuba harus mendapatkan ijin dari Kementrian Transportasi untuk membeli mobil baru. Kartu ijin itu baru bisa diperoleh setelah berbulan-bulan, yang membuka proses itu untuk korupsi dan black market di mana para pemegang kartu terkadang menjualnya lebih mahal daripada harga sebuah mobil.

Pemerintah telah mengakui kartu-kartu ijin semacam itu menimbulkan rasa benci dan ketidakpuasan di kalangan warga.

Dihapuskannya kartu ijin itu adalah satu dari ratusan reformasi yang diajukan oleh Presiden Raul Castro dan disetujui oleh Partai Komunis pada tahun 2011.

Pemerintah mengatakan peraturan baru itu akan dipublikasikan segera dan akan menjadi undang-undang 30 hari setelah diterbitkan. Rincian UU baru itu masih belum diketahui. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • kuba
  • mobil impor
  • dibuka

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!