INTERNASIONAL

Jihadis Al Qaeda Mulai Masuk ke Suriah

"KBR68H - Seratusan jihadis asing menggunakan rumah aman di bagian selatan Turki untuk menyeberang ke Suriah dan bertempur melawan pasukan pemerintah."

M Irham

Jihadis Al Qaeda Mulai Masuk ke Suriah
jihad, al qaeda, suriah

KBR68H - Seratusan jihadis asing menggunakan rumah aman di bagian selatan Turki untuk menyeberang ke Suriah dan bertempur melawan pasukan pemerintah. Pengelola rumah di dekat kota perbatasan Reyhanli mengatakan lebih dari 150 orang, termasuk 20 orang Inggris menggunakan rumah tersebut sekitar tiga bulan lalu.

Rute melalui Turki digunakan oleh jihadis asing jaringan al-Qaeda yang kini meningkat. Seorang pria yang mengelola sebuah rumah aman dekat Kota Reyhanli mengatakan kepada BBC biasanya jihadis tinggal selama satu atau dua hari sebelum menyeberang ke Suriah dan kembali ke rumah itu.

Seorang pejuang dari Prancis mengatakan kepada BBC seribuan orang asing yang umumnya dari jaringan al-Qaeda, berasal dari seluruh pelosok dunia melakukan penyerangan ke Suriah. Selama tahun lalu, seribuan orang asing - termasuk 300 orang berkewarganegaraan Inggris - telah diterjunkan ke Suriah untuk melawan pasukan Presiden Bashar al-Assad.

Tetapi, pasukan tentara oposisi Suriah yang asli mengatakan jihadis tidak hanya memerangi rezim tetapi juga secara sistematis menargetkan pejuang Tentara Pembebasan Suriah. Konflik di Suriah terjadi sejak 2009, PBB mencatat seratusan ribu orang tewas akibat pergolakan politik untuk meruntuhkan pemerintahan al-Assad. (BBC)

Editor: Doddy Rosadi

  • jihad
  • al qaeda
  • suriah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!