INTERNASIONAL

Irlandia Tak Lagi Tergantung Dana Talangan Uni Eropa

Irlandia Tak Lagi Tergantung Dana Talangan Uni Eropa

KBR68H, Washington - Irlandia telah bebas dari dana talangan internasional dan kini dapat membiayai sendiri pemerintah tanpa bantuan dari negara-negara tetangga blok mata uang euro.

Irlandia menerima bagian terakhir dari dana talangan $ 93juta pekan lalu, dan Perdana Menteri Enda Kenny mengatakan kepada rakyatnya bahwa Irlandia sedang "bergerak ke arah yang benar."

Irlandia terpaksa menerima paket dana talangan tahun 2010 setelah para peminjam gagal bayar berbaga ipinjaman properti, yang kemudian berdampak gawat bagi perekonomian negara pulau itu.

Irlandia adalah yang pertama dari empat negara zona penerima dana talangan yang keluar dari kelompok itu. Yunani, Portugal dan Siprus juga menerima dana talangan tersebut.

Irlandia diperkirakan akan dapat meminjam uang sesuai kebutuhannya, dengan tingkat bunga wajar dari pasar keuangan internasional. Tapi akan dibutuhkan waktu panjang bagi negara itu untuk membayar kembali dana talangannya, karena pembayaran terakhir baru jatuh tempo pada tahun 2042. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • irlandia
  • dana talangan
  • uni eropa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!