BERITA

Fosil Spesies Dinosaurus Terbaru Ditemukan di Argentina

Fosil Spesies Dinosaurus Terbaru Ditemukan di Argentina

KBR - Ahli paleontologi menemukan fosil-fosil spesies dinosaurus baru yang hidup 110 juta tahun yang lalu di Argentina.

Terdapat tiga anggota terpisah dari spesies dinosaurus baru tersebut, yaitu spesies dewasa dan dua spesies muda. Spesies dinosaurus yang belum pernah diketahui sebelumnya ini ditemukan oleh tim ilmuwan Spanyol dan Argentina di sebuah situs di Neuquen, di pusat negara Amerika Selatan.

Spesies baru yang bernama Lavocatisaurus agrioensi, adalah anggota kelompok dinosaurus herbivora yang dikenal sebagai sauropoda, yang mencakup diplodocus dan brontosaurus.

Para ilmuwan menyebut fosil dinosaurus dewasa memiliki panjang sekitar 12 meter. Sedangkan dinosaurus muda memiliki panjang sekitar 6-7 meter.

"Kami menemukan sebagian besar tulang tengkorak, seperti moncong, rahang, banyak gigi, juga tulang yang menentukan rongga mata misalnya, dan dengan cara itu, kami mampu membuat rekonstruksi yang hampir selesai," tutur seorang peneliti di Museum Egidio Feruglio, Jose Luis Carballido kepada Agence France-Presse.

Para peneliti yang mengambil bagian dalam proyek dari Universitas Zaragoza dan Universitas Nasional La Matanza itu mengungkapkan, kelompok dinosaurus ini kemungkinan pindah sebagai satu kelompok dan kemudian mati bersama.

Penemuan itu menjadi kejutan besar bagi para paleontolog, yang percaya bahwa daerah di mana fosil itu ditemukan adalah gurun dengan pasokan air yang minim dan sumber makanan yang terbatas untuk herbivora.

"Sementara seseorang dapat membayangkan bahwa kelompok sauropoda ini dapat beradaptasi untuk bergerak di lingkungan yang lebih kering, dengan sedikit vegetasi, sedikit kelembaban dan sedikit air, itu adalah area di mana Anda tidak akan mencari fosil," tambah Carballido.

Dikenal karena ukurannya yang sangat besar, sauropoda termasuk beberapa hewan terbesar yang pernah ada di planet ini. Banyak spesies dalam kelompok sauropoda memiliki berat sekitar 40 ton. Sementara Argentinosaurus, yang dianggap sauropoda terberat, kemungkinan beratnya lebih dari 80 ton.



Editor: Nurika Manan

  • dinosaurus
  • paleontologi
  • Internasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!