INTERNASIONAL

Soal Nuklir Iran, Enam Negara Belum Punya Keputusan

"Perwakilan dari kelompok enam kekuatan dunia, yakni Inggris, Cina, Prancis, Rusia, Amerika Serikat dan Jerman mengambil bagian dalam negosiasi dengan Iran di ibukota Austria, Wina."

Eli Kamilah

Soal Nuklir Iran, Enam Negara Belum Punya Keputusan
nuklir, negara, rapat, kesepakatan

KBR- Perwakilan dari kelompok enam kekuatan dunia, yakni Inggris, Cina, Prancis, Rusia, Amerika Serikat dan Jerman mengambil bagian dalam negosiasi dengan Iran di ibukota Austria, Wina.


Namun, hingga hari ini, jelang batas waktu perundingan soal nuklir yang jatuh pada Senin esok, para pemimpin negara tersebut belum mencapai kesepakatan. Padahal banyak yang dipertaruhkan dalam perundingan di Wina karena sebuah kesepakatan dapat mengubah politik di Timur Tengah.

Enam kekuatan dunia tersebut ingin Iran menghentikan program nuklirnya dan akan mencabut sanksi PBB sebagai konsekuensi. Baik Amerika Serikat dan Jerman mengatakan mereka bekerja untuk menutup celah besar. Beberapa saran muncul. Salah satunya memperpanjang tengat waktu yang ada. Iran selama ini menolak klaim program nuklirnya adalah upaya untuk membangun senjata. Iran mengatakan program nuklirnya murni untuk tujuan energi. (BBC)


Editor: Dimas Rizky

  • nuklir
  • negara
  • rapat
  • kesepakatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!