INTERNASIONAL

Hadiri Pesta Pernikahan Gay, Delapan Pria Mesir Dipenjara

"Delapan pria divonis tiga tahun penjara oleh pengadilan Kairo, Mesir, setelah beredarnya video yang menunjukkan mereka hadir dalam sebuah pesta pernikahan gay. Rekaman yang diambil dengan ponsel itu memperlihatkan dua pria saling bertukar cincin dalam seb"

Antonius Eko

Hadiri Pesta Pernikahan Gay, Delapan Pria Mesir Dipenjara
gay, mesir

Delapan pria divonis tiga tahun penjara oleh pengadilan Kairo, Mesir, setelah beredarnya video yang menunjukkan mereka hadir dalam sebuah pesta pernikahan gay. Rekaman yang diambil dengan ponsel itu memperlihatkan dua pria saling bertukar cincin dalam sebuah pesta di kapal pribadi di Sungai Nil. 


Video itu beredar di masyarakat beberapa bulan setelah acara tersebut dan memicu kontroversi di masyarakat. Beberapa kemudian polisi menangkap belasan orang. Setelah menjalani pengadilan singkat, delapan orang dihukum penjara karena melakukan tindakan tak pantas dan beberapa dakwaan lainnya. 


Kabar ini mengejutkan seluruh komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT). Mereka merasa tak punya lagi tempat yang aman untuk bertemu dan berbicara. 


Homoseksual menjadi hal yang tabu di Mesir dan bukan pertama kalinya komunitas LGBT diseret ke pengadilan. 


Pada 2001, 52 kaum gay didakwa melakukan tindakan tidak pantas dan menyinggung agama. Di bawah pemerintahan Presiden Abdel Fattah al Sisi, yang berkuasa pada Juni lalu, penangkapan masih terus terjadi. Lebih dari 80 homoseks dan transeksual ditangkap sejak Juni tahun lalu.  (sky news) 




  • gay
  • mesir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!