INTERNASIONAL

Tim Penyelamat Kewalahan Identifikasi Jenazah Korban Haiyan

"Tim penyelamat Filipina kewalahan mengidentifikasi seribuan jenazah setelah hampir satu pekan Topan Haiyan melanda negara tersebut. Kebanyakan jenazah telah membusuk di bawah matahari tropis dan sulit dikenali. Sementara, upaya yang bisa dilakukan adalah "

Muhammad Irham

Tim Penyelamat Kewalahan Identifikasi Jenazah Korban Haiyan
topan haiyan, filipina

KBR68H - Tim penyelamat Filipina kewalahan mengidentifikasi seribuan jenazah setelah hampir satu pekan Topan Haiyan melanda negara tersebut. Kebanyakan jenazah telah membusuk di bawah matahari tropis dan sulit dikenali. Sementara, upaya yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan jenazah dan memotret satu persatu. 


Pemerintah menempatkan pengurusan korban tewas menjadi prioritas kedua, setelah pemerintah memenuhi bantuan makanan dan air bersih bagi korban yang masih hidup. Korban tewas yang tak segera dikubur tersebut bisa menjadi sumber penyakit menular, seperti kolera. 


Rencananya, semua jenazah yang telah diidentifikasi akan ditempatkan ke dalam satu lubang besar, dan yang tidak terindentifikasi di kubur massal secara terpisah. Menurut data Bantuan Kemanusiaan PBB jumlah korban topan dahsyat itu mencapai 4.460 orang. (straitstimes/AFP)


Editor: Antonius Eko 


  • topan haiyan
  • filipina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!