INTERNASIONAL

Anak Pemimpin Al Qaeda di Pakistan Ditembak Mati

Anak Pemimpin Al Qaeda di Pakistan Ditembak Mati

KBR68H, Washington - Orang-orang bersenjata di Pakistan telah menembak mati anak laki-laki Jalaluddin Haqqani, pemimpin salah satu kelompok militan Afghanistan yang paling berpengaruh yang melawan pasukan NATO di Afghanistan.

Nasiruddin Haqqani adalah ketua pemasok dana dan utusan jaringan pemberontak terkait al-Qaida itu. Para saksi mata mengatakan dua penyerang tidak dikenal yang mengendarai sepeda motor menembak mati pemimpin militan itu Minggu malam di kawasan perumahan Barakau di pinggiran Islamabad.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Jenazahnya dibawa ke distrik kesukuan Waziristan Utara untuk dikubur di kota Miranshah hari Senin. Kawasan Pakistan yang bergejolak dan didominasi militan dan berbatasan dengan Afghanistan itu, adalah markas utama pejuang Haqqani.

Amerika tahun lalu mencap jaringan itu sebagai organisasi teroris dan sejak lama menuduh badan intelijen Pakistan, ISI mendukung aksi-aksi kekerasan kelompok militan itu di Afghanistan.

Kelompok itu dibentuk oleh Jalaluddin Haqqani seorang bekas komandan gerilya dari Afghanistan tenggara yang terkenal karena melawan pasukan pendudukan Soviet tahun 1980-an.

Amerika berkali-kali menuntut Pakistan mengerahkan pasukan militer untuk membubarkan markas-markas Haqqani di kawasan Waziristan.Pakistan berkeras bahwa tentaranya tidak cukup banyak untuk menghadapi pemberontak Taliban di dalam negeri.

Tapi para pengecam mengatakan pendekatan simpatik Pakistan terhadap pemberontak pelarian Afghanistan itu membesarkan semangat militan setempat.

Bekas duta besar Pakistan untuk Amerika, Ashraf Jehangir Qazi mengatakan kebijakan itu dalam banyak hal telah menjadi sumber utama kecurigaan dalam hubungan bilateral.

“Kebijakan itu menjadi sumber perpecahan.Hal itu umumnya adalah bagian dari keluhan Amerika bahwa Taliban Afghanistan atau perlawanan Afghanistan yang dipimpin oleh Taliban Afghanistan bisa mendapat tempat perlindungan di wilayah Pakistan dimana mereka melancarkan serangan-serangan terhadap pasukan Amerika dan Afghanistan. Ini ada kaitannya dengan masalah internal di Pakistan dimana ada  TTP, Tehreek-e-Taliban Pakistan yang juga berbasis di Waziristan utara dan terkait dengan organisasi-organisasi terlarang di bagian-bagian lain Pakistan,”jelasya.

Keengganan Pakistan untuk bertindak terhadap militan di Waziristan Utara menyebabkan Amerika menarget markas-markas Haqqani dan para pejuang dengan serangan-serangan pesawat tak berawak.Para ekstremis yang berjuang bersama Taliban di Afghanistan telah melancarkan sejumlah serangan mematikan terhadap pasukan sekutu pimpinan Amerika dalam beberapa tahun terakhir.

Adik lelaki tokoh militan yang dibunuh itu, Sirajuddin Haqqani kini memimpin jaringan yang didirikan ayahnya. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • al qaeda
  • pakistan
  • ditembak mati

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!