INTERNASIONAL

Lawan ISIS, Pejuang Peshmerga Irak Bergerak ke Kobani

"Para pejuang peshmerga Kurdi dari Irak bergerak ke Kobani, Suriah, untuk membantu pejuang Kurdi Suriah memerangi militan Negara Islam (ISIS) dan merebut kota yang terletak di sebelah Selatan perbatasan Turki itu."

Lawan ISIS, Pejuang Peshmerga Irak Bergerak ke Kobani
isis, irak

Para pejuang peshmerga Kurdi dari Irak bergerak ke Kobani, Suriah, untuk membantu pejuang Kurdi  Suriah memerangi militan Negara Islam (ISIS) dan merebut kota yang terletak di sebelah Selatan perbatasan Turki itu. 


Para pejabat Kurdi mengatakan, 80 pejuang, dilengkapi artileri dan senapan mesin,  diterbangkan ke Turki melintasi perbatasan dan bergabung dalam pertempuran merebut Kobani.  Tujuh puluh dua pejuang lainnya diperkirakan akan tiba, Rabu (29/10) waktu setempat. 


Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pasukan peshmerga setiap saat bisa masuk ke Kobani. 


Turki tidak mau mengirim pasukannya ke Kobani karena menurut Ankara, para pejuang Kurdi di Suriah yang kini bertempur di Kobani terkait dengan kelompok ilegal Partai Pekerja Kurdistan yang terlarang, yang telah berjuang selama tiga dekade melawan Turki untuk memperjuangkan hak-hak budaya dan politik warga Kurdi.


Namun, Turki pekan lalu setuju untuk mengizinkan para pejuang peshmerga bergerak melalui Turki untuk mencapai Kobani.


Pertempuran berlanjut hari Selasa, dengan empat lagi serangan udara Amerika terhadap posisi-posisi ISIS di Kobani, dan sembilan serangan terhadap ISIS di Irak.  (VOA) 


Editor: Antonius Eko 

  • isis
  • irak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!