INTERNASIONAL

Ebola Tidak Bikin AS Larang Perjalanan dari Afrika Barat

"Pemerintah Amerika Serikat mengatakan masih menentang larangan perjalanan dari Afrika Barat, sebagai negara pusat epidemi virus Ebola."

Zulfian Bakar

Ebola Tidak Bikin AS Larang Perjalanan dari Afrika Barat
Ebola, AS, Afrika Barat

KBR – Pemerintah Amerika Serikat mengatakan masih menentang larangan perjalanan dari Afrika Barat, sebagai negara pusat epidemi virus Ebola. 

Menurut Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, larangan perjalanan akan mendorong orang-orang untuk berbohong tentang informasi catatan perjalanan mereka.

Pernyataan hari Kamis (16/10) waktu setempat itu diungkap pada saat pejabat tinggi kesehatan AS membahas upaya penanganan Ebola di hadapan sebuah panel Kongres Amerika di Washington.

Kepala Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC), Dr Thomas Frieden, mengkhawatikan, penyebaran virus Ebola di Afrika Barat akan menimbulkan ancaman jangka panjang bagi sistem layanan kesehatan AS.

Ia mengatakan ancaman Ebola sebaiknya diatasi dengan memperkuat sistem layanan kesehatan dan pelatihan bagi penyedia layanan kesehatan.

Dr. Frieden mengakui belum ada vaksin yang efektif bagi penyakit ini. Namun ia tetap yakin Ebola tidak menjadi ancaman kesehatan publik yang signifikan di Amerika.

Sebelumnya, seorang laki-laki warga Liberia meninggal akibat Ebola pekan lalu di Dallas, dan dua perawatnya kini terinfeksi virus itu. Kepala Petugas Klinis Rumah Sakit Texas Health Resources, Dr Daniel Varga mengatakan, pihak otoritas kesehatan negara bagian Texas "membuat kesalahan" dalam penanganan kasus ini. Ia mengatakan karyawannya "sangat menyesalkan" kesalahan-kesalahan yang telah terjadi. (VOA)

Editor: Anto Sidharta

  • Ebola
  • AS
  • Afrika Barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!