INTERNASIONAL

Untuk Pertama Kalinya, Arab Terpilih Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB

Untuk Pertama Kalinya, Arab Terpilih Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB

KBR68H- Arab Saudi akhirnya bergabung bersama Chad , Chili , Lithuania dan Nigeria  menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kelima anggota tidak tetap tersebut akan menggantikan Azerbaijan, Guatemala, Maroko, Pakistan dan Togo untuk  dua tahun mendatang. Kelima negara ini menang mutlak dalam pemilihan yang dilakukan oleh 193 anggota Majelis Umum PBB.

Chad, Arab Saudi dan Lithuania belum pernah duduk dalam dewan beranggotakan 15 negara itu. Kemenangan Arab Saudi merebut kursi tidak tetap DK PBB yang diwakili Dubes Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi, mendapat ucapan selamat dari utusan internasional

Duta Besar Suriah untuk PBB Bashar Jaafari terlihat memberikan selamat rekan Saudi tersebut. Keduanya berjabat tangan.

"Saya menghargai inisiatif ketika ia mengucapkan selamat kepada saya , dan saya berharap bahwa kita dapat bekerja secara positif di masa depan, " kata Mouallimi.

" Saya berharap bahwa saudara-saudara kami di Suriah menyadari realitas negara mereka dan tahu apa yang rakyat Suriah berharap harapkan dan dipertimbangkan,"tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Saud al- Faisal setuju dengan Presiden Prancis Lauren Fabius bahwa resolusi politik adalah cara terbaik untuk mengakhiri krisis Suriah yang sedang berlangsung. Kemenangan Arab Saudi ini juga akan menggandakan tanggung jawab kerajaan terhadap isu-isu regional terutama terkait konflik Suriah. (Al Arabiya)

  • arab
  • dewan keamanan PBB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!