INTERNASIONAL

Pil Produksi Gilead, Harapan bagi 3 Juta Penderita Hepatitis di Amerika

"KBR68H, Washington - Para penasehat pada Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) dengan suara bulat mendukung obat hepatitis C produksi Gilead Sciences, yang sangat ditunggu-tunggu karena menjanjikan harapan bagi jutaan orang yang tertular virus itu"

Karlina Amkas

Pil Produksi Gilead, Harapan bagi 3 Juta Penderita Hepatitis di Amerika
pil, hepatitis, amerika

KBR68H, Washington - Para penasehat pada Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) dengan suara bulat mendukung obat hepatitis C produksi Gilead Sciences, yang sangat ditunggu-tunggu karena menjanjikan harapan bagi jutaan orang yang tertular virus itu.

Ke-15 anggota panel FDA, yang adalah pakar virus, melakukan pemungutan suara untuk merekomendasi pil produksi Gilead itu, guna mengobati beberapa bentuk hepatitis C.

Sekitar tiga juta orang di Amerika menderita hepatitis C, penyakit yang ditularkan melalui darah dan mengakibatkan kerusakan hati. Sekitar 15 ribu orang meninggal setiap tahun akibat penyakit tersebut.

Terapi pengobatan hepatitis C sekarang ini bisa memakan waktu hingga satu tahun dan hanya menyembuhkan sekitar tiga dari empat pasien. Pil produksi Gilead, untuk diminum setiap hari, dapat menyembuhkan hingga 90 persen pasien yang tertular bentuk paling umum virus hepatitis C hanya dalam 12 minggu.

FDA diperkirakan akan membuat keputusan mengenai obat tersebut pada 8 Desember. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi


  • pil
  • hepatitis
  • amerika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!