INTERNASIONAL

Paspor Negara Islam Terburuk di Dunia

"KBR68H- Paspor negara-negara Arab menjadi yang terburuk di dunia dalam hal akses ke luar negeri. Demikian hasil survey yang diterbitkan Henley & Partner Visa Restrictions Index."

Paspor Negara Islam Terburuk di Dunia
paspor, arab

KBR68H- Paspor  negara-negara Arab menjadi yang terburuk di dunia dalam hal akses ke luar negeri. Demikian hasil survey yang diterbitkan Henley & Partner Visa Restrictions Index.

Paspor Afghanistan, Irak , Somalia , Pakistan , Palestina , Eriteria , Nepal , Sudan , Sri Lanka dan Libanon, tetap berada di posisi 10 terbawah. Itu artinya warga negara-negara tersebut tidak bisa bebas menikmati perjalanan internasional. Sementara, paspor Suriah dan Libya berada di peringkat 12 dan 14 terburuk di dunia.  

Berbeda dengan negara-negara kaya di Teluk Arab, di mana warganya lebih menikmati kebebasan dalam perjalanan antar negara-negara Arab, tapi pada skala global masih

Henley & Partners mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya bahwa hampir semua negara memerlukan visa dari warga negara yang ingin masuk wilayah mereka.

"Persyaratan untuk memperoleh visa juga merupakan ekspresi hubungan antara masing-masing negara dan umumnya mencerminkan hubungan dan status suatu negara dalam percaturan antar bangsa," tambah pernyataan itu.

Negara mana saja yang warga negaranya bebas keluar masuk negara lain? 

Paspor Finlandia, Swedia dan Inggris menduduki peringkat pertama, di mana warga negaranya diterima di 173 negara. Sementara, warga negara Denmark , Jerman , Luksemburg dan Amerika Serikat memiliki akses ke 172 negara. (Al Arabiya)

  • paspor
  • arab

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!