INTERNASIONAL

Cincin Vagina Pencegah HIV AIDS Mulai Diujicoba

"KBR68H, Washington - Para peneliti menguji perangkat medis baru yang melindungi monyet betina dari virus seperti AIDS, dan itu juga bisa dibuat untuk melindungi manusia."

Eva Mazrieva

Cincin Vagina Pencegah HIV AIDS Mulai Diujicoba
cincin vagina, HIV AIDS, uji coba, primata

KBR68H, Washington - Para peneliti menguji perangkat medis baru yang melindungi monyet betina dari virus seperti AIDS, dan itu juga bisa dibuat untuk melindungi manusia.

Alat ini merupakan sebuah cincin vagina yang mengandung obat anti-retroviral yang melindungi 100 persen monyet betina dari infeksi virus HIV versi primata non-manusia yang dikenal sebagai simian immunodeficiency virus. Para peneliti yakin itu bisa membantu perempuan di mana HIV lazim ditemui. Enam puluh persen penderita HIV / AIDS di Afrika adalah perempuan.
 
Bahan utama dalam alat itu adalah tenofovir, obat yang diminum/digunakan  oleh 3,5 juta orang di seluruh dunia yang terkena virus AIDS. Tenofovir dalam bentuk pil telah terbukti efektif membatasi penularan virus AIDS. Tapi pengembang alat itu mengatakan sulit untuk selalu mengingat meminum obat itu setiap hari.

Meskipun cincin vagina juga mengandung tenofovir, dalam bentuk bubuk, efektivitasnya sebagai pengobatan topikal belum diteliti pada manusia. Para peneliti mengatakan alat itu terbuat dari polimer khusus atau bahan plastik yang mengembang  setelah dimasukkan ke dalam vagina, dan melepaskan obat anti-retroviral dosis tinggi selama 30 hari.

Uji klinis cincin vagina pada manusia siap dimulai bulan November di Albert Einstein College of Medicine di New York, yang akan mengevaluasi keamanan dan efektivitas alat itu pada 60 perempuan selama dua minggu.

Patrick Kiser, profesor tamu di sekolah teknik biomedis di Northwestern University, mengatakan dibutuhkan 10 tahun untuk mengembangkan alat itu, yang dapat melindungi sejumlah paparan terhadap HIV untuk jangka waktu tertentu. Kiser menjelaskan penelitian itu dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • cincin vagina
  • HIV AIDS
  • uji coba
  • primata

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!