INTERNASIONAL

2014, Resesi Ekonomi di Yunani Berakhir

"KBR68H, Washington - Yunani memperkirakan resesi enam tahun akan berakhir tahun depan dengan sedikit kemajuan ekonomi."

2014, Resesi Ekonomi di Yunani Berakhir
resesi ekonomi, yunani, berakhir, 2014

KBR68H, Washington - Yunani memperkirakan resesi enam tahun akan berakhir tahun depan dengan sedikit kemajuan ekonomi.

Yunani memperkirakan ekonomi negara itu turun 4 persen lagi tahun ini, tetapi akan tumbuh 0,6 persen pada tahun 2014. Secara keseluruhan, ekonomi negara itu telah menyusut kira-kira seperempat sejak krisis global dimulai tahun 2008.

Sejak itu, Yunani telah dipaksa meminta dua dana talangan internasional sebesar lebih dari $ 325 milyar untuk menghindari kegagalan pembayaran hutang. Lebih dari seperempat angkatan tenaga kerja Yunani menganggur.

Anggota parlemen Yunani sebelumnya keberatan menyetujui langkah-langkah penghematan yang diminta oleh pemberi pinjaman bagi negara itu. Kini, wakil menteri keuangan Yunani, Christos Staikouras, mengatakan nasib ekonomi negaranya mulai membaik.

Ekonomi Yunani  diperhitungkan kira-kira hanya dua persen dari ekonomi zona euro ke-17 negara. Tapi kekhawatiran gagal bayar hutang dalam tiga tahun terakhir sering mengakibatkan krisis negosiasi dengan para pemimpin Eropa sebelum mereka sepakat untuk memberi dana talangan yang lebih banyak bagi Yunani. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi


  • resesi ekonomi
  • yunani
  • berakhir
  • 2014

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!