INTERNASIONAL

Presiden Vietnam Meninggal di Usia 61 Tahun

Presiden Vietnam Meninggal di Usia 61 Tahun

KBR - Presiden Vietnam, Tran Dai Quang meninggal dunia di usianya yang ke 61 tahun di rumah sakit militer Hanoi pada Jumat (21/0/2018).

Dilansir dari Vietnam Television dalam Reuters, Quang meninggal karena menderita penyakit serius. Tidak dikatakan lebih lanjut penyakit apa yang diderita, namun Quang telah menerima perawatan medis di Vietnam maupun di luar negeri.

Vietnam tidak memiliki pemimpin utama. Negara ini dipimpin oleh Presiden, Perdana Menteri, dan Ketua Partai Komunis. Para ahli mengatakan bahwa jabatan Quang sebagai presiden hanyalah bersifat seremonial.

Quang ditunjuk menjadi presiden pada April 2016. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Keamanan Publik,yaitu sebuah organisasi dengan kekuasaan dan wewenang untuk mengumpulkan informasi intelijen dan menggagalkan ancaman domestik maupun asing terhadap partai.

Quang berasal dari wilayah pertanian kecil yang berjarak 115 kilometer dari Hanoi. Ia pernah menjadi seorang jenderal polisi dan anggota Politbiro yang bisa mengambil keputusan yang kuat di Vietnam. Karier politiknya menanjak saat ia bergabung di Partai Komunis Vietnam.

"Kami sedih mendengar berita bahwa presiden telah meninggal," kata Bui Duc Phi, kepala desa tempat Quang dilahirkan.

 

  • Presiden vietnam
  • Tran dai quang
  • Vietnam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!