BERITA

Hewan Ini Satu Langkah Lagi Menuju Punah

"Status berubah dari terancam punah menjadi kritis. "

Vitri Angreni

Hewan Ini Satu Langkah Lagi Menuju Punah
Ilustrasi (foto: Antara)

KBR- Gorila timur yang sebagian besar hidup di Kongo, Afrika, berubah statusnya dari terancam punah menjadi kritis, satu langkah lagi dari kepunahan. Ini termuat dalam laporan Kongres Konservasi Dunia yang dirilis hari Minggu lalu (4/9/2016) di Hawaii.

Laporan ini memuat penelitian yang dilakukan Wildlife Conservation Society dan telah diterima oleh The International Union for the Conservation of Nature atau IUCN. Ini adalah organisasi yang terdiri dari lembaga swasta dan pemerintah dan anggota Kongres Konservasi Dunia. 

Disebutkan saat ini diperkirakan ada sekitar lima ribu gorila timur hidup di alam liar. Jumlah ini turun 70 persen dalam 20 tahun terakhir, dimana pada pertengahan tahun 90an jumlahnya ada sekitar 16.900 individu.

Situasi politik Kongo yang tidak stabil membuat upaya konservasi sulit dilakukan, kata ahli primata Russell Mittermeier, wakil ketua eksekutif dari Conservation International dan ketua kelompok spesialis primata di IUCN.

Dalam sebuah wawancara, Catherine Novelli, pejabat di Kementerian Luar Negeri AS untuk urusan pertumbuhan ekonomi, energi dan lingkungan, menyebut turunnya populasi gorila ini adalah tragedi buatan manusia.

IUCN menyebut perburuan liar adalah penyebab masuknya status gorila timur ke dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah. Daftar ini berisi lebih dari 80 ribu spesies dan hampir 24 ribu diantaranya terancam punah.

Dari semua spesies kera besar - gorila timur, gorila barat, orangutan Kalimantan, orangutan Sumatera, simpanse dan bonobo - hanya simpanse dan bonobo yang tidak dianggap kritis. Tapi mereka terdaftar sebagai hewan yang terancam punah.

Hewan lain di daftar itu yang bernasib lebih baik daripada kera, adalah panda raksasa. Hewan ini sebelumnya masuk daftar terancam punah tapi sekarang naik menjadi ‘rentan’. Ini setelah upaya konservasi dilakukan untuk membantu melindungi habitatnya. (nytimes, npr) 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • satwa terancam punah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!