INTERNASIONAL

Tiga Kelompok Perempuan Raih Penghargaan SEED Gender Equality

Tiga Kelompok Perempuan Raih Penghargaan SEED Gender Equality

Tiga kelompok perempuan yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan meraih penghargaan SEED Gender Equality 2014 atas upaya mereka mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan dan mempromosikan kesetaraan gender. 


SEED Gender Equality Award ini didukung oleh badan PBB untuk perempuan dan Organisasi Pembangunan Industri PBB  (UNIDO). Penyerahan penghargaan dilakukan dalam sebuah simposium di Nairobi, Kenya, 10 September kemarin. 


Para peraih penghargaan itu adalah: 


Bisnis Sosial JITA di Bangladesh, sebuah organisasi yang menyediakan pekerjaan dan pendapatan bagi perempuan miskin di seluruh negara itu. Para perempuan itu mendapat komisi karena menjual berbagai produk, mulai dari lampu solar, makan hingga produk sanitasi dari pintu ke pintu. 


Yang kedua adalah, kelompok perempuan yang memproduksi sayuran di Nepal. Mereka menggunakan berbagai teknik pertanian, seperti rumah kaca, untuk meningkatkan keamanan dan nutrisi yang ada di sayuran. Mereka juga memberdayakan kaum perempuan dengan menciptakan kesempatan kerja. 


Yang terahir, proyek dari Yayasan Precious Life di Zimbabwe, yang mengajarkan pertanian organik kepada perempuan-perempuan pedesaan. Setelah itu mereka menyebarkan pengetahuan itu ke komunitas lain di wilayah Matabeleland Selatan, Zimbabwe. 


Direktur eksekutif badan PBB untuk perempuan Phumzile Mlambo-Ngcuka mengatakan, dengan memiliki pendapatan sendiri, perempuan bisa meningkatkan status dan memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka juga bisa mengambil keputusan sendiri terkait pendidikan, urusan rumah, pemilihan makanan dan masalah kesehatan. 


Setiap tahun, SEED memilih kelompok/organisasi yang mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat komunitas. Berbagai organisasi dari 84 negara ikut bersaing tahun ini. (unwomen) 


  • kesetaraan gender
  • PBB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!