INTERNASIONAL

Menari di YouTube Tujuh Remaja di Iran Dihukum Penjara dan Cambuk

"Pengadilan Iran menjatuhkan hukuman penjara sembilan bulan dan cambuk 91 kali terhadap tujuh remaja yang memposting video tarian mereka di situs YouTube."

Menari di YouTube Tujuh Remaja di Iran Dihukum Penjara dan Cambuk
iran, facebook, youtube

Pengadilan Iran menjatuhkan hukuman penjara sembilan bulan dan cambuk 91 kali terhadap tujuh remaja yang memposting video tarian mereka di situs YouTube. 


Ketujuh remaja itu ditangkap pada Mei lalu, sebulan setelah video tarian, dengan latar belakang lagu milik penyanyi AS Pharrell Williams, beredar di YouTube. Dalam beberapa hari terakhir, mereka keluar masuk pengadilan di Teheran untuk menjalani proses hukum. 


Pengacara para remaja itu, Farshid Rofugaran mengatakan enam kliennya divonis penjara enam bulan dan 91 cambukan. Sementara seorang lagi dihukum penjara selama setahun dan mendapat hukuman cambuk yang sama. 


Untungnya, kata Rofugaran, hukuman itu ditunda pelaksanaannya. Meski demikian masa hukuman berlaku selama tiga tahun. Jika ketujuhnya melakukan pelanggaran serupa, hukuman bakal langsung dilaksanakan. 


Selama ditahan, mereka dipermalukan dan dipaksa mengaku di bersalah di televisi nasional. Mereka meminta maaf dan mengaku dijebak untuk membuat video itu. Setelah pengakuan itu ketujuhnya sempat dibebaskan dengan uang jaminan. (thedailybeast) 


  • iran
  • facebook
  • youtube

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!