INTERNASIONAL

Hutan di Brasil Makin Rusak

Hutan di Brasil Makin Rusak

KBR - Kerusakan hutan Amazon di Brasil meningkat dalam waktu dua tahun terakhir. Data pemerintah Brasil menunjukkan, deforestasi meningkat 29% dalam 12 bulan sampai akhir Juli 2013. 


Data satelit menunjukkan hampir 6.000 km2 luas hutan hancur pada periode tersebut. Peningkatan terbesar dalam deforestasi ini terjaid pada negara bagian Para dan Mato Grosso, yang sebagian besar terjadi akibat ekspansi sektor pertanian di Brasil. Lebih dari 1.000 km2 luas hutan telah hancur di tiap negara bagian. 


Situs BBC menulis, tingkat deforestasi yang terjadi dua tahun terakhir ini merupakan yang terburuk sejak pemerintah Brasil mulai melacak kerusakan hutan pada 2004, ketika itu 30.000 km2 hutan beralih fungsi. 


Selain ekspansi sektor pertanian, peningkatan deforestasi juga terjadi akibat pembalakan liar dan penggunaan lahan publik untuk proyek infrastuktur di Amazon seperti jalanan dan bendungan. (bbc) 


Editor: Antonius Eko 

  • hutan
  • brasil

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!