INTERNASIONAL

Gunung Mayon Filipina Meletus, Ribuan Orang Dievakuasi

Gunung Mayon Filipina Meletus, Ribuan Orang Dievakuasi

KBR - Sebuah Gunung Api paling aktif di Filipina, Gunung Mayon meletus. Lava meluncur dari gunung di Filipina Timur itu dan memaksa ribuan penduduk desa di sana dievakuasi.

Seperti dilansir AFP, Rabu (17/9), PVMBG Filipina sudah mengeluarkan status siaga paling tinggi atas letusan itu. Mereka memprediksi bahaya letusan akan bergulur selama 1 pekan.

Dalam semalam ada 270 letusan. Sekali letusan, lava dan batu sangat panas dimuntahkan dari kawah Mayon ini. Batu itu terlempar sampai 12 kilometer. Dari sisi tenggara gunung berapi, memperlihatkan kubah makin membesar salam semalam.

Letusan gunung setinggi 2.460 meter itu menutup sebagian besar awan. Pemantau Gunung Api Filipina, Renato Solidum menjelaskan letusan gunung itu tergolong mendadak.

"Saat ini, kegiatan tersebut hanya lava turun. Jika ada ledakan, semua sisi gunung berapi terancam," jelas Renanto.

Pusat operasi bencana provinsi setempat melaporkan hampir 24.000 orang dari desa-desa mengungsi. Mereka harus menjauh dari kawah gunung dengan radius  8 kilometer .

Walikota Santo Domingo, Filipina, Herbie Aguas mengatakan Mayon merupakan gunung api paling mematikan dan menakutkan. Gunung itu pernah meletus tahun 1897.

"Kami berdoa tidak akan menjadi skenario terburuk. Hampir 4.000 dari 40.000 penduduk di kotanya yang tinggal dalam zona bahaya," jelas dia.

  • gunung mayon
  • filipina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!