INTERNASIONAL

Belanda Segera Umumkan Laporan Awal Kasus MH17

Belanda Segera Umumkan Laporan Awal Kasus MH17

Tim pakar penerbangan Belanda segera mengumumkan laporan awal mengenai penyebab jatuhnya pesawat Malaysian Airlines MH17 di Ukraina pada Juli lalu. Badan keselamatan penerbangan Belanda memimpin penyelidikan internasional untuk mencari bukti peristiwa tersebut. 


Semua orang yang ada di pesawat itu, sebagian besar warga Belanda, tewas dalam musibah itu. Kuat dugaan pesawat itu jatuh setelah ditembak rudal oleh milisi pro Rusia. Namun upaya pengumpulan bukti terganggu akibat perang yang berkecamuk di kawasan itu. 


Pesawat Boeing 777 itu tengah dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur saat jatuh di antara wilayah Krasni Luch di Luhansk dan Shakhtarsk di Donetsk.


Tim penyelidik Belanda mengandalkan informasi dari data penerbangan yang ada di kotak hitam pesawat, rekaman dari pengawas lalu lintas udara, gambar satelit dan foto-foto di lokasi kejadian. 


Sejumlah pakar dari Inggris, Jerman, Australia, Malaysia, Amerika Serikat, Ukraina dan Rusia dilibatkan dalam penyelidikan. Badan keselamatan penerbangan Belanda menyatakan, laporan akhir akan disampaikan tahun ini. 


Pemerintah Ukraina dan sejumlah pemimpin Barat menyebut ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa kelompok separatis dukungan Rusia menembak jatuh pesawat itu dengan rudal Buk. Sementara Rusia berulang kali membantah tudingan bahwa mereka menyediakan senjata untuk kelompok pemberontak. (bbc) 


  • mh17
  • malaysia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!