INTERNASIONAL

AS dan Tiongkok Siap Pimpin Dunia Atasi Emisi Karbon

"Presiden Amerika Barack Obama dan pemimpin dunia lainnya menyerukan sebuah komitmen global baru untuk melindungi Bumi dari emisi gas rumah kaca yang berbahaya."

AS dan Tiongkok Siap Pimpin Dunia Atasi Emisi Karbon
Amerika serikat, emisi karbon

Presiden Amerika Barack Obama dan pemimpin dunia lainnya menyerukan sebuah komitmen global baru untuk melindungi Bumi dari emisi gas rumah kaca yang berbahaya.


Presiden Obama mengatakan dalam Konferensi Iklim PBB bahwa Amerika, penghasil polusi kedua terbesar dunia, bertanggung jawab atas perannya dalam merusak lingkungan global tapi semua negara harus bertindak untuk mengatasi masalah perubahan iklim yang makin buruk.


Pemimpin Amerika itu mengatakan ia bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Zhang Gaoli, negara penghasil polusi karbon terbesar dunia, menjelang pidatonya. Obama mengatakan mereka sepakat bahwa kedua negara yang merupakan dua ekonomi terbesar harus bertanggung jawab memimpin upaya untuk mengatasi emisi karbon.


Presiden Obama mengatakan Amerika sedang memangkas polusi karbonnya hingga 17 persen menjelang 2020 dibandingkan dengan tingkat polusi tahun 2005. 28 negara yang tergabung dalam Uni Eropa mengatakan menjelang 2030 emisi karbonnya menjadi 40 % di bawah tingkat tahun 1990.


Sekjen PBB Ban Ki-moon membuka konferensi itu dengan menghimbau negara-negara untuk mensahkan sebuah upaya baru untuk melindungi lingkungan global dari emisi karbon.


Ban Ki-moon mengatakan dunia harus bisa mencapai tingkat karbon netral menjelang akhir abad ke 21. (VOA) 


Editor: Antonius Eko 

  • Amerika serikat
  • emisi karbon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!