INTERNASIONAL

Sidang Parlemen di Kamboja Digelar Tanpa Kehadiran Oposisi

"KBR68H - Anggota parlemen dari kubu oposisi di Kamboja memboikot sidang parlemen hari ini yang merupakan sidang pertama parlemen pasca kemenangan kubu Hunsen."

Agus Luqman

Sidang Parlemen di Kamboja Digelar Tanpa Kehadiran Oposisi
opisisi, kamboja, parlemen

KBR68H - Anggota parlemen dari kubu oposisi di Kamboja memboikot sidang parlemen hari ini yang merupakan sidang pertama parlemen pasca kemenangan kubu Hunsen. Aksi boikot itu memperperburuk situasi krisis politik di negara itu, terkait hasil pemilu yang dipersoalkan kaum oposisi.

Hasil pemilu Juli lalu dimenangkan partai penguasa pendukung Perdana Menteri Hun Sen. Sedangkan kelompok oposisi kalah sekitar 13 kursi parlemen. Namun kubu oposisi menuding terjadi kecurangan pemilu. Oposisi menyatakan akan mogok sampai ada penyelidikan independen terhadap pelaksanaan dan penghitungan pemilu.

Menyikapi reaksi kubu opisi, aparat keamanan menjaga ketat gedung parlemen, termasuk mengerahkan polisi anti huru-hara dan pagar betis dekat gedung di ibukota Phnom Penh. Krisis politik di Kamboja juga meruncing ketika seorang pangeran kerajaan Kamboja melakukan aksi mogok makan sebagai bentuk protes atas kemenangan Hun Sen. (AFP/BBC)
 
Editor: Suryawijayanti

  • opisisi
  • kamboja
  • parlemen

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!