INTERNASIONAL

Puluhan Tewas Dalam Serangan Mal di Kenya

Puluhan Tewas Dalam Serangan Mal di Kenya
kenya, serangan, tembakan, somalia


KBR68H - Palang Merah Kenya mencatat 39 orang tewas dan ratusan terluka dalam baku tembak di pusat perbelanjaan ibukota Kenya, Nairobi. Salah satunya adalah anggota keluarga Presiden Kenya. Baku tembak itu terjadi setelah orang-orang bersenjata menyerang pusat perbelanjaan mewah, Westgate. Penyerangan itu dilakukan dengan melontarkan granat dan menembakan senapan serbu. Aksi penyerang kemudian dibalas dengan tembakan oleh Kepolisian. Baku tembak terjadi mulai tengah hari waktu setempat. Kepolisian Kenya menganggap serangan tersebut sebagai tindakan terorisme. Kepala Kepolisian Benson Kibue mengatakan, jumlah penyerang tidak lebih dari 10 orang. Sebelumnya, Kelompok al-Shabab dari Somalia pernah mengancam akan menyerang pusat perbelanjaan. Ancaman itu disampaikan untuk menentang pengiriman pasukan Kenya ke Somalia.


Sementara itu, kelompok militan Somalia, al-Shabab mengaku bertanggungjawab terhadap serangan mematikan di pusat perbelanjaan di ibukota Kenya, Nairobi. Serangan itu dilakukan untuk menanggapi pengiriman pasukan Kenya ke Somalia pada 2011 lalu. Kelompok itu mengancam akan melakukan lebih banyak serangan bersenjata. Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mengatakan, kelompok itu tengah menyekap sandera di dalam pusat perbelanjaan Westgate. Kata dia, pasukan keamanan masih berjuang untuk membebaskan mereka. Serangan ini mengakibatkan puluhan orang tewas dan ratusan terluka. Salah satunya adalah anggota keluarga Presiden Kenya. (BBC/Guardian)

  • kenya
  • serangan
  • tembakan
  • somalia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!