INTERNASIONAL

Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi

"KBR68H- Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif membenarkan laporan soal ucapan selamat Tahun Baru oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani yang ditujukan kepada penganut Yahudi lewat akun Twitter."

Suryawijayanti

Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi
Iran, Yahudi, tahun baru, Hassan Rouhani

KBR68H- Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif membenarkan laporan soal ucapan selamat Tahun Baru oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani yang ditujukan kepada penganut Yahudi lewat akun Twitter. Jurnalis CNN, Christiane Amanpou memastikan kabar itu setelah berbicara dengan Javad Zarif.

"Baru saja berbicara dengan Menlu Iran yang mengkonfirmasi soal twitter dan ucapan Tahun Baru Yahudi untuk pengikutnya di Iran dan di seluruh dunia,"tulis Amanpour di twitter.

Sebelumnya, Presiden Iran yang baru terpilih, Hassan Rouhani, mengucapkan selamat tahun baru kepada seluruh Yahudi di dunia. Rouhani terpilih menjadi Presiden Iran pada Juni lalu dan dipandang lebih moderat dibandingkan pendahulunya Mahmoud Ahmadinejad.

"Saat matahari terbit di Teheran , saya berharap semua orang Yahudi, terutama Yahudi Iran menerima Rosh Hashanah yang diberkati,"ujar Hassan Rowhani mengacu pada perayaan Yahudi, yang dimulai di hari Rabu kemarin di saat matahari terbenam.

Sikap Hassan Rowhani ini sangat bertolak belakang dengan pendahulunya Mahmoud Ahmadinejad dikenal keras menentang Yahudi, hingga meramalkan penghancuran Israel.

Meskipun Iran Yahudi jumlahnya kurang dari 9.000 orang dengan populasi sebanyak 77 juta, namun minoritas Yahudi Iran adalah yang terbesar di Timur Tengah setelah Israel.(Al Arabiya)
 

  • Iran
  • Yahudi
  • tahun baru
  • Hassan Rouhani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!