INTERNASIONAL

Paus: Selesaikan Konflik di Suriah secara Damai

"KBR68H, Washington - Paus Fransiskus mengutuk penggunaan senjata kimia tetapi menyerukan diadakannya penyelesaian damai atas perang saudara di Suriah."

Karlina Amkas

Paus: Selesaikan Konflik di Suriah secara Damai
paus, konflik suriah, damai

KBR68H, Washington - Paus Fransiskus mengutuk penggunaan senjata kimia tetapi menyerukan diadakannya penyelesaian damai atas perang saudara di Suriah. Ia juga akan memimpin hari puasa sedunia bagi perdamaian tanggal 7 September.

Paus sama sekali tidak menggunakan tema keagamaan ketika memberi pidato mingguan kepada khalayak yang berkumpul di lapangan Santo Petrus, dan berbicara sepenuhnya tentang penderitaan rakyat Suriah.

“Hati saya sangat terluka melihat apa yang terjadi di Suriah dan sedih melihat perkembangan dramatis yang sedang terjadi,” kata Paus, yang dengan jelas merujuk pada rencana Amerika dan Perancis untuk menyerang Suriah yang telah menggunakan senjata kimia.

Paus Fransiskus mengulangi seruannya sebelum ini agar semua pihak yang terlibat perang saudara meletakkan senjata dan “mendengar suara hati nurani dan berunding dengan tekad penuh.”

Paus juga menggunakan kata-kata yang keras untuk menyatakan kengeriannya atas penggunaan senjata kimia. “Perang hanya akan memicu perang, dan kekerasan akan mendorong kekerasan yang baru,” ujar Paus dengan suara lantang. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • paus
  • konflik suriah
  • damai

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!