INTERNASIONAL

India dan Pakistan Sepakat Mengurangi Ketegangan di Kashmir

India dan Pakistan Sepakat Mengurangi Ketegangan di Kashmir

KBR68H- Para pemimpin India dan Pakistan berjanji untuk mengembalikan ketenangan di perbatasan yang disengketakan di Kashmir. Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif sebelumnya telah menganjurkan untuk mengakhiri ketegangan bersejarah dengan India sejak dia meraih kekuasaan dalam pemilihan umum Mei lalu.

Saat itu ia mengadakan pertemuan pertamanya dengan Manmohan Singh di sela-sela pertemuan puncak PBB. Seorang pejabat India mengatakan, kedua pemimpin yang bertemu selama lebih dari satu jam itu memutuskan untuk mencari solusi baru untuk mengembalikan gencatan senjata di Kashmir.

Sebelumnya tentara Pakistan dan India bentrok di beberapa pertempuran mereka dalam satu dekade di Kahmir. Hingga pada tiga hari sebelum pertemuan di New York, militan menyerang sebuah pangkalan militer di sisi India Kashmir dan menewaskan 100 orang.

India lantas menuduh Pakistan mensponsori para militan. Dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB, Sharif menyerukan awal yang baru dengan India. (AFP/CNA)

Editor: Suryawijayanti 

  • India
  • Pakistan
  • Kashmir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!