INTERNASIONAL

Defisit Perdagangan Amerika Terus Meningkat

"KBR68H, Washington - Defisit perdagangan Amerika membesar bulan Juli setelah mencapai level terendah dalam empat tahun bulan Juni lalu. Rakyat Amerika membeli lebih banyak mobil asing dan berbagai produk impor lainnya, sementara perusahaan-perusahaan Amer"

Tony Hotland

Defisit Perdagangan Amerika Terus Meningkat
defisit, perdagangan, amerika, naik

KBR68H, Washington - Defisit perdagangan Amerika membesar bulan Juli setelah mencapai level terendah dalam empat tahun bulan Juni lalu. Rakyat Amerika membeli lebih banyak mobil asing dan berbagai produk impor lainnya, sementara perusahaan-perusahaan Amerika mengekspor lebih sedikit barang manufaktur tahan lama.

Departemen Perdagangan Amerika hari Rabu mengatakan defisit perdagangan naik 13 persen menjadi 39,1 miliar dollar – naik dari defisit bulan Juni 34,5 miliar dollar – yang terendah sejak akhir 2009.

Impor naik 1,6 persen menjadi 228,6 miliar dollar, didorong permintaan akan minyak, otomotif dan barang-barang konsumen. Ekspor turun 0,6 persen menjadi 189,4 miliar dollar.

Defisit perdagangan yang membesar dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi karena uang yang dikeluarkan konsumen dan pengusaha Amerika untuk produk-produk asing lebih besar daripada laba perusahaan Amerika dari penjualan di luar negeri.

Meskipun demikian, kalangan analis memprediksi ekonomi akan terus tumbuh pada tingkat tahunan 2,5 persen dalam paruh kedua tahun ini, didukung menguatnya pasar ekspor serta berkurangnya dampak dari pemangkasan anggaran pemerintah dan kenaikan pajak.

Bulan Juli, defisit Amerika dengan Cina naik ke tingkat tertinggi 30,1 miliar dollar dan sedikit lebih cepat dari laju tahun lalu. Ini bisa menambah tekanan bagi pemerintahan Barack Obama agar lebih tegas dalam isu-isu perdagangan dengan Cina.

Ekonomi Eropa yang lemah juga berdampak pada ekspor Amerika. Defisit dengan zona ke-27 negara Uni Eropa melonjak ke angka rekor 13,9 miliar dollar. Impor Amerika naik 17,2 persen dan ekspor merosot 7,4 persen. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • defisit
  • perdagangan
  • amerika
  • naik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!