BERITA

Usai Ledakan, Warga Tianjin Terancam Kimia Berbahaya

"Udara di kota itu jadi tercemar dan kesehatan terancam karena diduga ada zat kimia berbahaya yang terlepas ke udara karena ledakan. "

Eli Kamilah

Usai Ledakan, Warga Tianjin Terancam Kimia Berbahaya
Ilustrasi/ANTARAFOTO.

KBR - Ledakan dahsyat di Kota Tianjin, Tiongkok tidak hanya menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya, namun juga mengancam warga kota yang selamat. Pasalnya, udara di kota itu jadi tercemar dan kesehatan terancam karena diduga ada zat kimia berbahaya yang terlepas ke udara karena ledakan. 

Seorang warga asal Singapura yang bekerja di Tianjin mengaku bahwa kualitas udara pasca ledakan kemarin malam sangat buruk. Dua kali ledakan terjadi. Berdasarkan penghitungan Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok kekuatan ledakan tersebut setara puluhan ton TNT dan gempa bumi 2,9 skala richter.

Sedikitnya 50 orang tewas dalam insiden tersebut, 12 di antaranya adalah pemadam kebakaran. Sebanyak 500 orang terluka, 71 dalam kondisi kritis. Puluhan pemadam dilaporkan hilang. 

Pemerintah lokal belum melakukan penyelidikan karena api masih berkobar di beberapa tempat. Namun mereka menduga ledakan terjadi akibat ketidaksesuaian informasi soal barang berbahaya yang disimpan di gudang tersebut.  (CNN)

  • Tiongkok
  • ledakan bom
  • korban tewas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!