INTERNASIONAL

WHO Nyatakan Ebola Sebagai Wabah Darurat Dunia

"KBR - Organisasi Kesehatan PBB, WHO menyatakan wabah penyakit Ebola sebagai darurat kesehatan di dunia. WHO menyerukan bantuan dikirimkan ke negara-negara yang terkena dampak wabah penyakit ini."

Farah Maulida

WHO Nyatakan Ebola Sebagai Wabah Darurat Dunia
ebola, afrika barat, amerika

KBR - Organisasi Kesehatan PBB, WHO menyatakan wabah penyakit Ebola sebagai darurat kesehatan di dunia.  WHO menyerukan bantuan dikirimkan ke negara-negara yang terkena dampak wabah penyakit ini.

Untuk menindaklanjuti situasi itu, sejumlah pakar dari WHO telah berkumpul di Jenewa, Swiss. Dalam pertemuan itu, diputuskan pembatasan perjalanan global untuk menghentikan penyebaran wabah ini.

Badan kesehatan PBB yang berbasis di Jenewa mengatakan konsekuensi dari penyebaran secara internasional wabah ini sangat serius.  Wabah Ebola telah menewaskan hampir 1.000 orang di empat negara Afrika Barat.

"Respon internasional yang terkoordinasi dianggap penting untuk menghentikan dan melawan penyebaran Ebola secara internasional," kata juru bicara WHO seperti dilansir Reuters, Jumat (8/8).

Direktur Jenderal WHO,  Margaret Chan meminta bantuan lebih besar untuk negara-negara yang terkena dampak paling buruk oleh wabah ini. Deklarasi ini akan membangkitkan perhatian pemimpin dari semua negara. Menurutnya, pengendalian penyebaran wabah tidak bisa dilakukan oleh departemen kesehatan saja.

"Saya menyatakan wabah keadaan darurat kesehatan publik yang menjadi keprihatinan internasional," kata Margaret.

WHO mencatat Ebola telah menewaskan sedikitnya 932 orang dan menginfeksi lebih dari 1.700 orang sejak melanda  di Guinea awal tahun ini. Keadaan darurat akibat penyebaran wabah ini berlaku di Liberia, Guinea dan Sierra Leone. Ebola adalah salah satu penyakit paling mematikan bagi manusia, dengan persentase kematian mencapai 90 persen. Virus ini menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh dari pasien yang menunjukkan gejala Ebola.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • ebola
  • afrika barat
  • amerika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!