INTERNASIONAL

Obama Kirim Serangan Udara Bantu Irak Lawan ISIS

"KBR - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menyetujui sebuah serangan udara di Irak untuk melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Serangan ini untuk membantu tentara Irak menangkal gerakan ISIS."

Pebriansyah Ariefana

Obama Kirim Serangan Udara Bantu Irak Lawan ISIS
obama, irak, ISIS

KBR - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menyetujui sebuah serangan udara di Irak untuk melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Serangan ini untuk membantu tentara Irak menangkal gerakan ISIS.

Seperti dilansir AP, Obama mengatakan serangan udara itu akan dilancarkan di atas langit Kota Arbil, Irak. Tujuan lain serangan udara itu untuk melindungi diplomat AS yang ada di Irak dari serangan ISIS.

"Kami waspada untuk mengambil tindakan dan menangkal ancaman fasilitas kami di Irak. Seperti konsulat di Arbil dan kedutaaan di Baghdad," kata Obama dalam jumpa persnya, Kamis (7/8) malam waktu setempat atau Jumat pagi waktu Indonesia.

Selain itu, pesawat tempur AS itu juga akan menjatuhkan bantuan makanan untuk pengungsi di Irak. Sebab korban kekejaman ISIS di Irak menyebar. Warga Irak takut dan memilih untuk bersembunyi.

Pejabat Pentagon menjelaskan jika sebagian wilayah di Irak terjadi krisis makanan dan minuman. Sehingga memaksa ribuan warga Irak, terutama dari kelompok minoritas Yazidi terjebak di pengungsiannya di kawasan di Gunung Sinjar di Irak utara.

"Itulah yang kami lakukan di gunung itu. Karena itu saya resmi serangan udara ditargetkan jika diperlukan untuk membantu pasukan di Irak karena mereka berjuang untuk mematahkan pengepungan dan melindungi warga sipil yang terperangkap di sana," kata pejabat Pentagon itu dalam keterangannya.

  • obama
  • irak
  • ISIS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!