INTERNASIONAL

Perekonomian Eropa Mulai Pulih

"KBR68H, Washington - Industri di Eropa mulai pulih kembali. Itu berarti lebih banyak lapangan kerja dan lebih banyak uang yang dapat dibelanjakan oleh pekerja dan keluarga mereka."

Eva Mazrieva

Perekonomian Eropa Mulai Pulih
perekonomian eropa, pulih, industri zona euro

KBR68H, Washington - Industri di Eropa mulai pulih kembali. Itu berarti lebih banyak lapangan kerja dan lebih banyak uang yang dapat dibelanjakan oleh pekerja dan keluarga mereka. Seiring berjalannya waktu, itu berarti pertumbuhan ekonomi.

Statistik terbaru membuat para pakar seperti Jonathan Buck, Redaktur Eropa publikasi keuangan Barron’s, yakin ekonomi di benua itu mulai sembuh.

“Dalam beberapa tahun ini, kita menyaksikan secara efektif Eropa akan bangkit dari resesi akhir tahun ini.”

Hal itu akan menjadi kabar baik bagi pekerja Eropa. Tetapi di perusahaan konsultan Capital Economics di London, Ekonom Senior Eropa Jennifer McKeown mengatakan pemulihan yang nyata mungkin tidak akan segera terjadi.

“Bahkan meskipun berbagai survei yang lebih optimistik mengacu pada perluasan yang sangat rendah, dan setelah resesi yang sedemikian panjang dan mendalam, sesungguhnya hal itu tidak bisa digolongkan sebagai pemulihan.”ujarnya.

Setahun lalu, sebagian pakar memperingatkan zona euro bisa ambruk. Tetapi kini Latvia bersiap-siap untuk bergabung dengan zona itu, dan para pejabat memamerkan desain koin baru negara itu.

Meskipun demikian, McKeown mengatakan ancaman terhadap euro terus berlanjut karena para pemilih kehabisan kesabaran dengan program-program dana talangan dan penghematan.

“Saya kira semuanya menunjuk pada resiko pecahnya zona euro, atau setidaknya pada ketegangan yang jauh lebih besar di zona euro dalam kuartal-kuartal mendatang.”jelasnya.
 
Namun, Jonathan Buck tidak sependapat.

“Pengucuran dana talangan telah membantu beberapa negara menstabilkan situasi utang dan masalah-masalah anggaran. Kemungkinan pecahnya euro tampaknya sudah tidak ada lagi.”tegasnya.

Walaupun itu bukan merupakan pandangan universal, penting dipahami bahwa ada pakar yang berpandangan demikian. Tetapi, sudut pandang Jonathan Buck yang relatif optimistik itu ada juga keterbataannya.

“Kita mungkin masih akan mengalami beberapa guncangan yang bisa menguji keberlanjutan yang kini kita saksikan di Eropa.”ungkapnya.

Jadi, meskipun Eropa berada pada tahap-tahap awal pemulihan, pemulihan itu akan lama, lamban dan tidak pasti, terutama bagi negara-negara yang ekonominya paling bermasalah di kawasan itu. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • perekonomian eropa
  • pulih
  • industri zona euro

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!