INTERNASIONAL

Berbuat Baik Bisa Meningkatkan Kesehatan

Berbuat Baik Bisa Meningkatkan Kesehatan

KBR68H - Penelitian yang dilakukan University of California Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa orang yang bahagia karena membantu orang lain akan memiliki antibodi yang lebih kuat dibandingkan dengan orang yang bahagia karena kepuasannya sendiri.

Setiap jenis kebahagiaan ternyata memiliki efek yang berbeda dengan antibodi seseorang.

Penelitian yang juga melibatkan peneliti dari University of North Carolina ini juga memeriksa bagaimana dampak psikologi dari ekspresi positif seseorang terhadap antibodi yang dimilikinya.

Hasilnya, orang yang melakukan perbuatan baik memiliki tingkat 'eudaimonic well being' yang tinggi. Kebahagiaan eudaimonic menjelaskan bahwa kebahagiaan adalah hasil dari perjuangan untuk mencapai aktualisasi diri. Kebahagiaan ini juga muncul pada orang-orang yang punya makna hidup dan tujuan mendalam.

Sedangkan orang yang memiliki tingkat 'hedonic well-being' yang tinggi akan memiliki kebahagiaan yang berasal dari kepuasannya sendiri. Seperti bahagia setelah membeli suatu barang atau mendapatkan sesuatu yang disukai. Orang-orang jenis ini ternyata memiliki antibodi dan gen antivirus yang lemah.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences ini, dipimpin oleh Steven Cole, profesor kedokteran dari UCLA dan Barbara L. Fredickson dari University of North Carolina.
 
Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan sampel darah 80 orang dewasa yang dinilai tingkat kesehatan, kesejahteraan, faktor psikologis, perilaku negatif hedonis serta eudaimonic-nya.

Selain itu,ditemukan bahwa orang dengan eudaimonic well-being memiliki ekspresi gen yang menguntungkan dalam sel kekebalan tubuh. Sedangkan orang dengan hedonic well-being, justru memiliki ekspresi gen yang merugikan. Namun, orang dengan tingkathedonic well-being yang tinggi tidak merasa lebih buruk dari orang dengan tingkat eudaimonic yang tinggi.

"Keduanya memiliki tingkat emosi positif yang sama. Namun gen mereka memberikan respons yang berbeda, walaupun keadaan emosional mereka sama-sama positif," ucap Cole. (Dailymail)

Editor: Doddy Rosadi

  • berbuat baik
  • kesehatan
  • antibodi
  • penelitian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!