INTERNASIONAL

4 Remaja Ini Juga Bunuh Diri Akibat Bullying di Dunia Maya

4 Remaja Ini Juga Bunuh Diri Akibat Bullying di Dunia Maya

KBR68H-  Tidak hanya remaja asal Inggris, Hannah Smith yang memilih mengakhiri hidupnya setelah menjadi bulan-bulanan di situs Ask.fm.  Selain Hannah, ada 4 remaja lainnya yang bunuh diri akibat menjadi target teror oleh para penggangu di Ask.fm.

Josh Unsworth, 15, dari Goosnargh, dekat Preston, ditemukan tergantung di kebun orang tuanya pada bulan April setelah ia mengeluhkan pelecehan di situs.

Remaha Irlandia, Ciara Pugsley, 15, dari Leitrim, dan Erin Gallagher, 13, dari Donegal juga bunuh diri setelah mengaku diintimidasi. Sementara Jessica Laney, 16, ditemukan tewas di rumahnya Florida pada Desember.

Ask.fm adalah situs yang digunakan sebagai sarana tanya jawab. Situs ini memiliki hampir 60 juta pengguna di seluruh dunia - setengah dari mereka berusia di bawah 18 tahun.

Situs yang  dijalankan oleh dua bersaudara asal Rusia, Mark dan Ilja Terebin, bernilai jutaan dolar. Situs ini berhasil meraup keuntungan 6 juta poundsterling ketika awal-awal diluncurkan, dan kini diperkirakan telah meningkat tiga kali lipat.

Meski menjadi sasaran gugatan, namun pemilik Ask.fm menolak disalahkan. Pihak ask.fm juga siap membantu kepolisian untuk mengusut kasus-kasus bunuh diri para remaja yang menjadi korban bullying.

"Anak-anak kurang perhatian, terutama karena orang tua melakukan hal-hal lain seperti menonton TV, minum bir dan membaca tabloid. Ketika anak-anak datang ke situs seperti ini, mereka ingin mendapatkan perhatian,"ujarnya.

Ditanya soal situs ask.fm  penuh dengan cyber-bullying, ia berkata: "Yah, kebenaran adalah bahwa orang tua tidak tahu di mana anak-anak bersosialisasi."

"Kami memiliki fitur 'laporkan penyalahgunaan' dan setiap pengguna dapat menggunakan itu. Pada saat ini kami memiliki 50 moderator yang memantau dan menghapus konten yang melanggar aturan,"tambahnya.
 
Tak tahan dengan dengan sasaran bullying di dunia maya, Hannah Smith asal Inggris memilih gantung diri. Remaja berusia 14 tahun ini ditemukan di kamarnya dalam keadaan tak bernyawa di kamarnya oleh saudaranya. Tanya hanya diejek karena berat badannnya, Hannah juga kerap diteror oleh akun anonim di situs Ask.fm. Detektif yang menyelidiki kematian tersebut telah mengambil laptop dan ponsel milik Hannah untuk proses penyelidikan.

Orang-orang yang sering mengejek di dunia maya atau biasa disebut juga troll telah membuat Hannah depresi. Di antara beberapa komentar yang ditujukan untuk Hannah adalah, "kamu jelek, mati sajalah, pasti banyak orang yang senang." (mirror)

  • ask.fm
  • bunuh diri
  • bully
  • dunia maya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!