BERITA

KBR Terpilih Jadi Peserta Program Asesmen Jurnalisme Investigasi Tingkat Asia

KBR Terpilih Jadi Peserta Program Asesmen Jurnalisme Investigasi Tingkat Asia

KBR, Jakarta– Kantor Berita Radio (KBR) terpilih menjadi peserta program yang diselenggarakan Global Investigative Journalism Network, GIJN. Program Investigative Journalism Assessment Program (IJ-MAP) bertujuan memperkuat jurnalisme pengawas (watchdog journalism) dan kapasitas organisasi dari media yang berukuran kecil sampai menengah.

Dalam program ini, pakar dari GIJN akan memberikan pendampingan serta konsultasi untuk penguatan di area liputan investigasi, jurnalisme data, jangkauan audiens, diversifikasi pendapatan dan keamanan.

KBR menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang terpilih dalam program ini. Peserta lain adalah The Caravan, majalah di India, serta lembaga dan media nonprofit, Philippine Center for Investigative Journalism.

The Caravan adalah majalah bulanan dan media online berbahasa Inggris dan Hindi yang menampilkan jurnalisme narasi. Sementara Philippine Center for Investigative Journalism menjadi pelopor jurnalisme investigasi nonprofit di Asia, dengan fokus pada liputan investigasi dan pelatihan.

Program IJ-MAP ini adalah yang pertama kali digelar oleh GIJN, khusus untuk wilayah Asia. GIJN memperoleh 22 pelamar di kawasan Asia. Tahun depan, GIJN akan membuka program serupa untuk tingkat dunia.

  • GIJN
  • KBR
  • Global Investigative Journalism Network
  • Investigative Journalism Assessment Program
  • IJ-MAP
  • Philippine Center for Investigative Journalism
  • The Caravan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!