INTERNASIONAL

Penulis Soal Tibet Ditahan Pemerintah Tiongkok

Penulis Soal Tibet Ditahan Pemerintah Tiongkok

KBR- Tsering Woeser, penulis tentang Tibet dijadikan tahanan rumah oleh Pemerintah Tiongkok selama kunjungan Menteri Luar negri AS, John Kerry Beijing. John Kerry berkunjung ke negara itu untuk melakukan pembicaraan mengenai isu-isu politik dan ekonomi.


Tsering Woeser mengatakan aparat keamanan negara telah mencegah dia dan suaminya, penulis Wang Lixiong, meninggalkan rumah sejak mereka kembali dari perjalanan ke Tiongkok utara Selasa lalu. 


Woeser, yang telah menulis beberapa buku tentang Tibet dan mendapat penghargaan "International Women of Courage Award” tahun lalu, menjadi tahanan rumah setelah staf Kebubes AS menelpon dan mengundang dia bertemu dan makan malam dengan seorang pejabat AS. 


Kerry  berada di Beijing bersama dengan Menteri Keuangan AS Jack Lew untuk melakukan pembicaraan tahunan dengan para pejabat Tiongkok mengenai isu-isu politik dan ekonomi. Kerry juga membahas situasi di wilayah barat Xinjiang dan Tibet.


Otoritas keamanan Tiongkok  sering menahan aktivis atau menjatuhkan tahanan rumah Menjelang peringatan penting, acara-acara publik atau kunjungan kenegaraan. Beberapa pengacara dan aktivis ditahan bulan lalu menjelang ulang tahun ke 25 penindasan berdarah pemerintah terhadap protes pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen. (reuters) 


Editor: Antonius Eko 

  • tiongkok

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!