INTERNASIONAL

Pengadilan: Buka Percakapan Roh Moo-hyun dan Kim Jong Il

Pengadilan: Buka Percakapan Roh Moo-hyun dan Kim Jong Il

KBR - Pengadilan Tata Usaha Negara di Seoul, Korea Selatan, memerintahkan badan intelijen (NIS) merilis transkrip rekaman pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Roh Moo-hyun dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il pada tahun 2007.

Sebelumnya, pengadilan memenangkan gugatan satu kelompok warga sipil yang menuntut badan intelijen Korea Selatan merilis seluruh isi rekaman pembicaraan kedua kepala pemerintahan itu. Gugatan akhirnya dikirimkan ke pengadilan setelah badan intelijen menolak merilis rekaman itu.

Seperti diberitakan Kantor Berita Yonhap, pengadilan mengatakan badan intelijen bersikap tidak adil dengan menolak permintaan kelompok masyarakat sipil itu.

Roh merupakan presiden Korea Selatan ke-9 yang menjelang akhir kekuasaannya dililit dengan isu mega korupsi yang melibatkan istri dan anak-anaknya. Bekas aktivis demokrasi ini akhirnya memilih bunuh diri sebelum masa tugasnya sebagai presiden berakhir. (Yonhap/Guardian)

Editor: M Irham

  • korea
  • selatan
  • utara
  • percakapan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!