INTERNASIONAL

Israel Diadukan ke Mahkamah Internasional atas Tuduhan Kejahatan Perang

"KBR - Dua pejabat tinggi Palestina telah resmi mengadukan Israel ke Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda atas tuduhan melakukan kejahatan perang di Gaza."

Bambang Hari

Israel Diadukan ke Mahkamah Internasional atas Tuduhan Kejahatan Perang
gaza, palestina, israel

KBR - Dua pejabat tinggi Palestina telah resmi mengadukan Israel ke Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda atas tuduhan melakukan kejahatan perang di Gaza. Menteri Kehakiman Palestina Saleem Al-Saqqa dan jaksa penuntut umum di Gaza Ismail Jabr menyampaikan pengaduannya melalui pengacara berkantor di Paris, Prancis pada Jumat, 25 Juli 2014.

Langkah mengadu ke Mahkamah Internasional setelah pertempuran berlangsung selama 18 hari antara Hamas dan Israel yang menewaskan lebih dari 800 warga Palestina dan 35 warga Israel.

Namun, untuk memproses pengaduan pejabat Palestina itu, Mahkamah Internasional harus terlebih dahulu memastikan apakah lembaga ini punya juridiksi terhadap Palestina. Pasalnya, Palestina bukan negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, melainkan sebagai berstatus sebagai negara pengamat pada tahun 2012. (Reuters)

Editor: M Irham

  • gaza
  • palestina
  • israel

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!