INTERNASIONAL

Arab Saudi Penjarakan Aktivis HAM Terkenal

"KBR - Pemerintah Arab Saudi menjatuhkan hukuman penjara aktivis HAM setempat selama 15 tahun, Minggu (6/7) waktu setempat. Aktivis HAM itu seorang pengacara, namanya Walid Abu al-Khair."

Pebriansyah Ariefana

Arab Saudi Penjarakan Aktivis HAM Terkenal
Arab Saudi, HAM

KBR - Pemerintah Arab Saudi menjatuhkan hukuman penjara aktivis HAM setempat selama 15 tahun, Minggu (6/7) waktu setempat. Aktivis HAM itu seorang pengacara, namanya Walid Abu al-Khair.

Reuters melansir, Walid Abu dipenjarakan karena melakukan aksi protes dan menghina pengadilan. Walid Abu didenda 200 ribu riyal atau sekira Rp 628.566.900. Di juga dilarang berpergian ke luar negeri dan menutup semua website milik Walid.

Walid berusaha membut petisi yang isinya cukup berani. Yaitu ingin mengubah sistem politik. Dalam petisi yang dibuat sejak 2011, Walid ingin Saudi mereformasi politik negera kerajaan itu.

Walid merupakan pendiri dan direktur dari sebuah organisasi HAM di Arab Saudi. Dia bersikap kritis terhadap hukum anti-terorisme baru disahkan oleh Arab Saudi pada awal tahun. Itu dikecam oleh para aktivis hak-hak sebagai alat untuk membungkam perbedaan pendapat.

  • Arab Saudi
  • HAM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!