INTERNASIONAL

Survei: Makin Banyak Orang Indonesia Belajar Bahasa Jepang

Survei: Makin Banyak Orang Indonesia Belajar Bahasa Jepang

KBR68H - Lebih dari 800.000 orang Indonesia sedang belajar bahasa Jepang. Maraknya orang Indonesia belajar bahasa Jepang seiring dengan populernya pop-culture Jepang, anime, manga, dan kuliner Jepang. Data tersebut merupakan hasil “Survey on Japanese-Language Education Abroad” yang diadakan oleh Japan Foundation.

Menurut survey yang diadakan 3 tahun sekali tersebut, jumlah orang yang belajar bahasa Jepang di luar negeri melonjak 9.1%, dari 3.651.232 orang pada tahun 2009 menjadi 3.984.538 orang  pada tahun 2012. China menduduki peringkat pertama dengan kenaikan 26.5%, dari 827.171 orang menjadi 1.046.490 orang.

Indonesia berada di peringkat kedua dengan 872.406 orang pada 2012,meningkat 21.8% dari tahun 2009 yang berjumlah 716.353 orang. Indonesia juga mendepak Korea, yang mengalami penurunan pelajar dari 964.014 orang pada 2009 menjadi 840.187 orang pada tahun 2012, yang sekarang menduduki peringkat ketiga.

“Indonesia terus menunjukkan peningkatan, khususnya pada pelajar SMA.  indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Filipina, dan Malaysia telah menunjuk bahasa Jepang sebagai bahasa asing kedua di SMA,” demikian pernyataan Japan Foundation pada press release minggu lalu.

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, saat ini ada sekitar 8 juta siswa sekolah menengah di Indonesia. Itu berarti, lebih dari 10 persen siswa SMA Indonesia belajar bahasa Jepang di sekolah mereka. Ada pergeseran yang besar masyarakat Indonesia dalam belajar bahasa Jepang selama bertahun-tahun.

"Pada 1980-an orang dewasa seperti karyawan perusahaan atau mahasiswa mempelajari bahasa Jepang. Hal tersebut menjadi tantangan besar untuk mengajar bahasa Jepang di masa itu. Tetapi, sekarang semakin banyak anak muda Indonesia yang belajar bahasa Jepang. Sangat mudah untuk mengajarkan bahasa Jepang kepada orang-orang yang benar-benar termotivasi untuk belajar bahasa Jepang, "kata Fukuda Kentaro, seorang guru bahasa Jepang asli yang mengajar di Pusat Bahasa Ikuzo di Jakarta, ucapnya melalui telepon kepada Jakarta Post.

Ikuzo, yang memiliki sekitar 300 mahasiswa dari berbagai sekolah dan perusahaan, mengajarkan bahasa Jepang dan mempersiapkan siswa untuk Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (JLPT), yang dilakukan setiap tahun di delapan kota besar di Indonesia dan di seluruh dunia. Mengapa pemuda Indonesia semakin menunjukkan minat pada bahasa Jepang?

"Saya belajar bahasa Jepang karena sejak kecil saya menyukai budaya Jepang dan karya seni. Sebenarnya saya mulai belajar bahasa Jepang karena saya ingin menonton anime dan membaca manga Jepang asli tanpa terjemahan. Tapi, sekarang saya bertujuan untuk mendapatkan beasiswa untuk belajar di Jepang jadi saya mencoba yang terbaik dalam belajar bahasa Jepang, "kata Steven Carine Nagara, seorang siswa Kelas X di Taman Rama School di Denpasar. (Jakarta Post)

Editor: Doddy Rosadi

  • belajar bahasa
  • jepang
  • survei
  • japan foundation

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!