INTERNASIONAL

Rusia Pilih AS Daripada Snowden

"Pemerintah Rusia kemungkinan tidak akan terang-terangan melindungi warga Amerika Serikat Edward Snowden yang tengah diburu negaranya karena membocorkan rahasia negara. Edward Snowden merupakan bekas karyawan badan keamanan nasional Amerika Serikat NSA. Ia"

Agus Luqman

Rusia Pilih AS Daripada Snowden
rusia, amerika, snowden, suaka

KBR68H - Pemerintah Rusia kemungkinan tidak akan terang-terangan melindungi warga Amerika Serikat Edward Snowden yang tengah diburu negaranya karena membocorkan rahasia negara. Edward Snowden merupakan bekas karyawan badan keamanan nasional Amerika Serikat NSA. Ia saat ini tengah mengajukan suaka atau perlindungan ke Rusia.

Namun Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan dua negara itu jauh lebih penting daripada pertengkaran seputar skandal mata-mata terkait Edward Snowden. Bahkan Putin menentang segala macam tindakan yang bisa mengganggu hubungan Rusia dan Amerika Serikat.

"Kami sudah memperingatkan Snowden, bahwa kami tidak bisa menerima kegiatan apapun yang bisa mengganggu hubungan Rusia dan Amerika," kata Putin.

Pernyataan Putin disampaikan setelah pemerintah Amerika Serikat menentang pengajuan suaka yang dilakukan Snowden kepada Rusia. Amerika juga jika Edward Snowden disebut sebagai aktivis hak asasi manusia.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan pemerintah Amerika yakin ada cara legal untuk membawa pulang Snowden ke Amerika Serikat yang kini terancam hukuman tindak pidana berat.

Snowden saat ini berada di bandar udara internasional Sheremetyevo Moskow, sejak 23 Juni lalu. Snowden mengajukan permohonan suaka sementara ke petugas imigrasi Rusia. Proses pengajuan suaka diperkirakan memakan waktu tiga bulan. (AFP)

Editor: Suryawijayanti 

  • rusia
  • amerika
  • snowden
  • suaka

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!