INTERNASIONAL

Peringati HUT Dalai Lama, Warga Tibet Ditembak Polisi Cina

"KBR68H, Washington - Sumber-sumber warga Tibet di pengasingan mengatakan pasukan keamanan di Cina barat menembak dan mencederai sejumlah warga Tibet yang hendak memperingati ulang tahun pemimpin spiritual mereka, Dalai Lama."

Peringati HUT Dalai Lama, Warga Tibet Ditembak Polisi Cina
ulang tahun, dalai lama, warga tibet, ditembak, polisi cina

KBR68H, Washington - Sumber-sumber warga Tibet di pengasingan mengatakan pasukan keamanan di Cina barat menembak dan mencederai sejumlah warga Tibet yang hendak memperingati ulang tahun pemimpin spiritual mereka, Dalai Lama.

Sumber-sumber itu memberitahu VOA bahwa peristiwa itu terjadi hari Sabtu, pada ulang tahun Dalai Lama ke-78, di provinsi Sichuan, Ganzi, Tibet.

Mereka mengatakan ratusan warga Tibet termasuk para biksu dan biarawati berupaya memanjat bukit suci di distrik Daofu untuk membakar dupa dan mendoakan pemimpin spiritual di pengasingan, yang dicap pemerintah Cina sebagai separatis.

Para warga Tibet di pengasingan mengatakan, pasukan keamanan Cina melepaskan tembakan untuk mencegah massa melakukan peringatan tersebut, mencederai beberapa orang yang dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Pemerintah Cina tidak segera memberikan komentar. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • ulang tahun
  • dalai lama
  • warga tibet
  • ditembak
  • polisi cina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!