INTERNASIONAL

Parasit Cyclospora Menyerang Delapan Negara Bagian di Amerika

"KBR68H - Sebuah parasit telah menyerang 269 orang dari delapan negara bagian di Amerika Serikat."

Parasit Cyclospora Menyerang Delapan Negara Bagian di Amerika
parasit, cyclospora, serang amerika serikat

KBR68H - Sebuah parasit telah menyerang 269 orang dari delapan negara bagian di Amerika Serikat. Namun, petugas kesehatan masih belum tahu darimana parasit itu berasal.

Cyclospora - sebuah parasit sel tunggal yang menyebabkan diare, keram perut dan gejala-gejala lainnya yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri di perut - biasanya terjadi di negara-negara tropis seperti Amerika Latin, tetapi tidak biasa terjadi di Amerika Serikat.

Pada kasus ini, kebanyakan orang yang terkena tinggal di daerah Iowa, Nebraska dan Texas. Namun, Wisconsin, Georgia, Connecticut, Illinois dan Kansas memiliki jumlah kasus yang lebih sedikit.

“CDC benar-benar bertanggung jawab penuh akan hal ini. Tapi ini sulit ditangani jadi kemungkinan masih banyak penyakit lagi diluar sana,” kata Dr. Richard Besser, kepala koresponden kesehatan medis.

Karena penyakit ini tidak menular dari manusia ke manusia, kemungkinan ini berasal dari makanan atau air yang terkontaminasi, kata Dr. Nicole Bouvier, seorang professor penyakit menular dari Icahn School of Medicine di M0unt Sinai di kota New York.

Cyclospora dapat seperti bakteri perut, tapi bukan jenis bakteri yang akan sembuh dalam beberapa hari. Bakteri itu tetap berada di perut.

“Dokter dapat mendiagnosanya dengan melihat apakah parasit itu tunggal atau telah bertelur. Mereka harus melakukannya dengan mikroskop karena itu sangat kecil, anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang, itu tidak seperti cacing,” kata Bouver.


Orang dengan tingkat imunitas yang kurang harus ekstra hati-hati. Bakteri ini tidak bisa menular dari manusia ke manusia. Meskipun begitu, jika keseluruhan anggota keluarga terkena cyclospora, kemungkinan besar karena mereka makan atau minum hal yang sama, bukan karena mereka menularkan satu sama lainnya. (ABCNews)

  • parasit
  • cyclospora
  • serang amerika serikat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!