INTERNASIONAL

Louis Vuitton Ajak Kerjasama Seniman asal Yogya

"KBR68H - Setelah kolaborasi dengan seniman jalanan AIKO, Retna dan Os Gemeos musim semi lalu, Louis Vuitton meluncurkan scarf koleksi Fall/Winter 2013 dengan bekerja dengan salah satu seniman asal Yogya, Eko Nugroho."

Feriani Untari

Louis Vuitton Ajak Kerjasama Seniman asal Yogya
louis vuitton, kerjasama, seniman yogya, eko nugroho

KBR68H - Setelah kolaborasi dengan seniman jalanan AIKO, Retna dan Os Gemeos musim semi lalu, Louis Vuitton meluncurkan scarf koleksi Fall/Winter 2013 dengan bekerja dengan salah satu seniman asal Yogya, Eko Nugroho.

Eko merupakah salah satu artis yang paling termahsyur di Indonesia. Dikenal oleh karya-karyanya yakni kerajinan tradisional Jawa - khususnya topeng, batik dan bordir - dan seni jalanan kontemporer dan komik.

Ia juga dikenal dengan karya seni yang menyangkut kedalaman jiwa, serta pengungkapan sosial-politik yang mendalam, setelah mengalami tumbuh selama masa pergolakan dan reformasi.

Karya seni berwarna-warni untuk Louis Vuitton yang dinamakan "Tropical Giant Square" menggambarkan wajah manusia bertopeng di makhluk laut chimera berlatar belakang dekoratif.

Figur topeng mendominasi dalam karya Nugroho, artis yang berbasis di Yogyakarta mengatakan bahwa mereka adalah metafora dari keadaan psikologis yang berbeda. Syal ini telah dirilis pada Juli di AS, namun diharapkan untuk dipasarkan pada September atau Oktober di Indonesia. Syal sutra tersebut akan menjadi aksesori kolaborasi pertamanya dengan penggunaan merek.

Louis Vuitton juga menggaet dua seniman lainnya dalam koleksi ini, yaitu EINE dari Inggris dan eL Seed dari Prancis. (Surfaceasiamag.com)

Editor: Doddy Rosadi

  • louis vuitton
  • kerjasama
  • seniman yogya
  • eko nugroho

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!